6 Desember 2010

Cara Merawat Cucak Hijau Ala Able57

Menjadikan burung seorang jawara memang susah, apalagi tidak di dukung/support team. Contohnya saya sering kali ikut latber dan latpres, belum pernah meraih juara sekalipun. Padahal CI yang saya punya selalu moncer disetiap laganya, walaupun masih nyulam alias tumbuh bulu baru yang belum penuh, masih aja moncer. Tapi kenapa yach ga pernah dapet juara walupun ga juara 1, 2, 3.
  • Apa karena saya tidak punya team atau kelompok burung (birdclub)?
  • Apakah Ci yang saya turunkan ga pernah dipantau juri?
  • Apakah saya kurang terkenal dikalangan para juri?
  • Ataukah sewaktu dipantau juri CI saya Diem alias Ngetem?
Susah banget rasanya kalo begini, Tapi ga apa2 saya akan tetap mendukung juri walaupun terkadang bersifat pilih kasih pada sang juara.

Berikut ini, akan saya kasi tau cara memilih CI yag bagus buat lomba, ataupun ocehan hariannya :

Cara Memilih :
  1. Badan usahakan yang bungkuk dan panjang, seperti udang
  2. Paruh tebal dan panjang
  3. Bermata lebar dan warna hitam sekitarnya terlihat mengkilap
  4.  Dan yang terakhir apabila anda memilih CI Setengah jadi atupun jadi, usahakan membawa burung CI lain (pinjem keteman ato sapa yang punya CI gacor dan bermental bagus) untuk ngetes apa Ci yang dijual tadi itu bisa diadu untuk lomba atau sekedar buat ocehan dirumah. Karena Ci tergolong burung penipu, kenapa saya bilang demikian? karena watak dari Ci itu sendiri susah ditebak, kadang ada yang moncer saat sendiri, tapi sewaktu digandeng langsung diam. Ada juga yang diem aja kalo ga ada musuhnya dan sewaktu digandeng (diadu) langsung gacor. Ini yang harus sedikit anda perhatikan, karena sekali CI itu takut ketemu dengan musuh, akan lama diakan kembali menjadi fighter.
Cara merawat harian :
  1. pagi jam 06:00 buka kerodong dan dikeluarin diteras
  2. 06:30 dimandiin, mandikan dibak kalo emang mau, tapi kalo emang karakternya ga mau dibak, jangan dibak.....disemprot aja pake' spray ( dengan catatan kalo burung takut, coba sprai aja dari jauh asalkan jangan yang semprotane terlalu kenceng, ntar sakit badane )
  3. Berikan voer, ganti air minum (kalo bisa kasi larutan kaki gajah....eeeiiiitttsss... kaki tiga), pisang yang sudah busuk ganti yang baru
  4. setelah itu jemur sampai pukul 10:00 ato pukul 11:00 siang
  5. Sambil dijemur berikan jangkrik 5 pagi, 5 sore (tergantung dari CInya sendiri, kadang ada yang mau dikasi jangkrik segitu, ada yang ga mau alias dibuang/dijatuhkan)
  6. untuk kroto biasanya saya kasi 2x seminggu (hari rabu dan sabtu)
  7. setelah dijemur diangin2kan sampai sore, baru menjelang magrib burung kembali dikerodong
Cara merawat 1 minggu sebelum lomba :
  1. Perawatan sama dengan harian ( senin sampai kamis )
  2. jum'at perawatan masih sama jemur (tapi jangan dimandikan) dan EF jangkriknya 5 ekor, cuma setelah jemur kasi ulat kandang 1sendok makan ato UH  6 aja jangan banyak2. Setelah makan baru dikerodong, sorenya dikeluarin dan kasi jangkrik 7 ekor.Setelah abis jangkriknya langsung dikerodong kembali (kalo perlu minuman ganti dengan multivitamin (bird vit))
  3. sabtu perawatan masih sama jemurnya (tapi jangan dimandikan) dan EF jangkriknya ganti 7 ekor, cuma setelah jemur kasi kroto 1 sendok makan. Setelah makan baru dikerodong, sorenya dikeluarin dan kasi jangkrik 7. Setelah abis jangkriknya langsung dikerodong kembali
  4. Minggu, sebelum berangkat lomba usahakan jam 06:00 s/d 06:30 burung sudah diberi Jangkrik 7ekor (kalo perlu dtambah UH 6 ekor) didalam kerodong dan jemur CI dalam keadaan kerodongan (usahakan sebelum lomba kalo cuaca cerah). setelah sampai tempat lomba, biarkan burung tenang dulu baru buka kerodongnya sebentar dan  kasi 2 s/d 4 ekor jangkrik lagi, lalu dikerodong kembali.
  5. tambahan lagi, kalo CI anda terlalu gacor sewaktu didalam kerodong. Usahakan jangan sampai gacor duluan ( kalo biasanya CI saya begini, saya pukul pelan2 kurungannya ato saya tarik2 kerodongnya, yang penting jangan ngoceh terlalu banyak dulu) karena ntar bisa abis tenaganya kalo lagi fight
Inilah Cara perawat yang saya jalani selama ini, dan penampilannya selalu moncer dilapangan walaupun ga pernah dapet juara. yang terpenting adalah jangan pernah memberikan makan jangkrik secara langsung pada burung (nunggu disambar), taruh aja pada cepuk dan jangan dibiasakan menggoda2 burung CI anda supaya bunyi. Karena CI kalo suka diginikan ntar lama kelamaan jadi ngalem dan ogah moncer dilapangan kalo g dichas atao digodain dlu.
Mohon koreksi para sang master kicaumania kalo ada kekeliruan. trims

2 komentar:

  1. makasih master, ane coba dlu....sapa tau kalo ane yang pake bisa juara kali..... hehehehe....

    BalasHapus
  2. Pengganti jangkrik sebagai EF cucak ijo. Higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pengganti jangkrik sebagai EF cucak ijo

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...