12 Januari 2012

Cara Aktifkan / Nonaktifkan Autorun untuk Drive (menggunakan Registry)

Semua komputer dengan versi modern Windows yang diinstal mendukung teknologi autorun . Teknologi ini digunakan untuk secara otomatis memulai sebuah program atau membuka dokumen pada CD, DVD atau USB flash drive (dll). Namun dalam beberapa komputer fitur ini dapat dimatikan untuk beberapa jenis drive tertentu. Administrator dapat menonaktifkan fungsi ini di komputer klien untuk CD / DVD drive dan USB flash drive untuk alasan keamanan. Dan beberapa program, misalnya CD / DVD program terbakar, terkadang juga dapat mematikan fungsi ini.


The 'NoDriveTypeAutoRun' subkunci nilai dalam Windows Registry

Jika autorun dinonaktifkan untuk drive yang Anda ingin memiliki autorun pada Anda sering dapat mengaktifkannya dengan mengubah nilai dalam registri Windows. Ada sebuah nilai dengan nama NoDriveTypeAutoRun pada dua subkunci registri berikut yang dapat diubah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan autorun untuk drive yang berbeda:

Pengguna saat ini: HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Policies \ Explorer
Komputer Lokal: HKEY_LOCAL_MACHINE \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Policies \ Explorer

Nilai default untuk NoDriveTypeAutoRun adalah 91 (heksadesimal) pada Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Dalam versi Windows (Windows 2000 dan sebelumnya) nilai default adalah 95 (heksadesimal). Pada Windows Vista dan Windows 7 nama NoDriveTypeAutoRun nilai subkey sering tidak ada di registri sampai berubah dari nilai default. Jika nama nilai tidak ada Anda dapat menambahkan sendiri dengan Windows Registry Editor.

Para NoDriveTypeAutoRun subkunci nilai dalam Windows Registry
Jika NoDriveTypeAutoRun memiliki nilai lain daripada default dan autorun tidak bekerja dengan CD / DVD atau USB flash drive maka Anda mungkin telah menemukan alasannya. Jika nilai B1 atau B5 (heksadesimal) maka autorun untuk CD / DVD dimatikan. Jika nilai B5 kemudian autorun untuk flash drive USB juga telah dimatikan. Jika Anda ingin mengaktifkan autorun untuk CD / DVD drive Anda, Anda dapat mengubah nilai 91, atau 95 jika Anda ingin menyimpan autorun untuk USB flash drive dimatikan. Setelah Anda melakukan perubahan, Anda harus merestart komputer Anda sebelum bekerja lagi untuk autorun drive.

Lebih detail tentang 'NoDriveTypeAutoRun'

Nilai NoDriveTypeAutoRun subkey berisi masker bit dimana setiap bit yang diatur menonaktifkan jenis drive. Nilai default untuk NoDriveTypeAutoRun pada Windows XP dan yang lebih baru adalah 91 (heksadesimal), memberikan sedikit pola 10010001. Bit nomor 5 memungkinkan / menonaktifkan autorun untuk CD / DVD drive dan sebagai default bit ini dihapus (diatur ke 0). Dengan menetapkan nilai NoDriveTypeAutoRun B1 (heksadesimal), jumlah bit 5 akan ditetapkan (memiliki nilai 1) dan drive CD / DVD dinonaktifkan. Pola bit untuk B1 adalah 10110001.
Dengan pengaturan atau kliring bit dalam NoDriveTypeAutoRun lain jenis lain drive dapat memiliki fungsi Autorun dinonaktifkan atau diaktifkan. Dalam tabel di bawah Anda dapat melihat yang sedikit yang sesuai dengan jenis drive:

Bit Pola bit Drive jenis
2 00000 1 00 Disk yang dapat dihapus dari drive (seperti floppy disk atau USB flash drive)
3 0000 1 000 Disk yang tidak dapat dihapus dari drive (biasanya hard disk)
4 000 1 0000 Drive jaringan
5 00 1 00000 CD / DVD drive
6 0 1 000000 RAM disk

Jika Anda misalnya ingin mematikan autorun dukungan untuk USB flash drive (USB stick) Anda harus mengatur bit nomor 2 dalam nilai subkey NoDriveTypeAutoRun. Jika Anda jelas ini autorun bit akan bekerja lagi untuk USB flash drive. Disajikan dalam heksadesimal: Anda harus memberikan NoDriveTypeAutoRun nilai 95 untuk menonaktifkan autorun dan memberikan dukungan NoDriveTypeAutoRun nilai 91 untuk mengaktifkan dukungan autorun untuk flash drive USB. Bit nomor 2 juga akan mengaktifkan / menonaktifkan dukungan autorun untuk disket.

Ringkasan - beberapa nilai yang mungkin untuk 'NoDriveTypeAutoRun'

Tabel di bawah merangkum nilai NoDriveTypeAutoRun yang disebutkan dalam artikel ini. Nilai-nilai ini dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan autorun untuk CD / DVD drive dan USB flash drive. Nilai-nilai dalam tabel adalah dalam heksadesimal:

Nilai Deskripsi
91 Autorun diaktifkan untuk CD / DVD drive dan USB flash drive
95 Autorun dinonaktifkan untuk USB flash drive
B1 Autorun dinonaktifkan untuk CD / DVD drive
B5 Autorun dinonaktifkan untuk CD / DVD drive dan USB flash drive

Pada Windows Vista / Windows 7 autorun dapat dinonaktifkan melalui Control Panel

Pada Windows Vista dan Windows 7 adalah mungkin untuk menonaktifkan autorun untuk drive dengan menggunakan Control Panel. Jika Anda membuka Control Panel dan memilih Hardware dan suara dan kemudian AutoPlay, kotak dialog yang dapat digunakan untuk mengubah pengaturan untuk AutoPlay dan autorun dibuka. Combo box di Software dan game dapat digunakan untuk mengubah pengaturan untuk autorun (lihat gambar di bawah):

Pengaturan untuk autorun dapat diubah dengan menggunakan Control Panel (di Windows Vista dan Windows 7)
Dengan memilih Ambil ada pilihan tindakan fungsi autorun akan dinonaktifkan pada Windows. Bila Anda memasukkan disk dalam drive akan terjadi apa-apa. Dengan memilih Instal atau menjalankan autorun program akan bekerja lagi. Tapi Anda harus menyadari bahwa nilai NoDriveTypeAutoRun subkunci di registri yang memiliki prioritas lebih tinggi daripada pengaturan di Control Panel, jadi jika Autorun untuk drive yang dinonaktifkan melalui NoDriveTypeAutoRun maka Anda tidak dapat mengaktifkannya dengan menggunakan Control Panel. Anda hanya dapat mengaktifkannya dengan mengubah nilai NoDriveTypeAutoRun subkunci di registri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...