30 Januari 2014

10 Cara mempercepat kinerja android

10 Cara mempercepat kinerja android, pernahkah anda merasa kinerja smartphone android anda menjadi sangat lambat. Saat akan mengetik keyboard muncul beberapa detik kemudian, sering freeze dan berbagai hal lainnya. Padahal smartphone yang anda gunakan adalah smartphone dengan teknologi terkini dengan ram yang tinggi tetapi tetap saja masih bermasalah. Sekarang kami akan membahas bagaimana cara memperbaikik android yang lambat dan mempercepat kinerja android.
Kita mulai dari yang terpenting dahulu dengan cara berikut:
1. Download dan pergunakan aplikasi Clean Master
Mengapa kami menyarankan anda mendownload dan menggunakan aplikasi Clean Master? Karena saya sendiri sudah menggunakan aplikasi ini dan dipakai hampir setiap hari. Fungsi dari aplikasi Clean Master adalah menghapus semua file yang tidak berguna dan memenuhi kapasitas storage anda, selain itu Clean Master juga menutup hal-hal yang tidak penting dan tidak seharusnya berjalan. Maka hasilnya Ram yang digunakan menjadi berkurang dan kinerja smartphone android anda menjadi lebih kencang.
Clean Master 500x279 300x167 10 Cara mempercepat kinerja android
Cobalah Download Clean master di bawah ini

Download
2. Update OS dan aplikasi di smartphone anda
Android KitKat large verge medium landscape 300x200 10 Cara mempercepat kinerja android
Jika anda belum mengupdate os Android anda ke OS yang terbaru maka sebaiknya anda segera melakukannya. Selain itu update aplikasi juga dirasakan sangat penting dikarenakan sama halnya seperti OS android biasanya para pengembang software memperbaiki bug-bug yang ada pada OS android dan bahkan pada aplikasi-aplikasi anda. Biasanya Google akan memberikan perkembangan yang signifikan pada OS Android anda seperti kestabilan, performa yang lebih cepat, dan konektivitas bersama dengan fitur yang lebih user friendly.
3. Uninstall aplikasi yang tidak penting
unnamed 10 Cara mempercepat kinerja android
Smartphone anda mempunyai banyak sekali aplikasi namun kurang dari 10 persen yang sering anda pakai? Waspadalah dengan menginstall terlalu banyak aplikasi secara otomatis anda telah memakan kapasitas ram anda, selain itu storage anda akan semakin penuh dan juga memperlambat kinerja android. Maka dari itu penting bagi anda untuk melakukan uninstall bagi program yang tidak digunakan.
4. Pergunakan SD Card dengan kecepatan tinggi
android sd card 10 Cara mempercepat kinerja android
SD Card adalah tempat bagi anda menyimpan file dalam smartphone anda. Smartphone dengan internal memory yang rendah dapat ditingkatkan kecepatannya dengan High Capacity SD Card. Fungsi SD Card bukan hanya memberikan space storage yang lebih besar tetapi juga memberikan kecepatan pada proses data anda. Anda dapat membeli 2GB sampai 32 GB SD Card yang mensupport High Speed Read/Write Operation. Maka dari itu selalu pilih SD Card dengan Class 6 atau 10 untuk android anda.
5. Jangan pasang terlalu banyak Widget
top 10 free android widgets 180x300 10 Cara mempercepat kinerja android
Aplikasi berbeda halnya dengan Widget, Widget akan selalu menyala di handphone anda seperti halnya  program lainnya seperti data saham, weather, flipboard, jam analog, widget sosial media dan widget-widget lainnya. Sangatlah penting bagi anda untuk hanya menggunakan widget yang diperlukan saja karena akan mempengaruhi proses kerja android anda menjadi lebih lambat. Ini merupakan salah satu cara dari 10 Cara mempercepat kinerja android.
6. Hindari penggunaan wallpaper bergerak
asteroid belt live wallpaper android 2 180x300 10 Cara mempercepat kinerja android
Anda mungkin salah satu penggemar fitur wallpaper android yang bergerak. Memang jika kita lihat dengan seksama hal ini merupakan hal yang berseni dan menyenangkan. Namun hal jeleknya Wallpaper bergerak ini banyak menghabiskan baterai. Ketika anda masuk ke home screen anda tidak hanya menjalankan aplikasi tetapi juga live wallpaper yang cukup memakan ram.
7. Defrag memory smartphone anda
unduhan 10 Cara mempercepat kinerja android
Seperti halnya PC, Ram untuk smartphone android akan menjadi lambat seiring berjalannya waktu, maka dari itu penting halnya untuk melakukan defrag di smartphone anda. Sebuah aplikasi bernama Memory Booster ada di android market selain berguna untuk mendefrag hp anda dari memory, tetapi juga memperbaiki data yang berantakan di smartphone anda. Anda bisa menjalankan memory boost untuk melakukan defrag tersebut.
8. Matikan Aplikasi yang tidak terpakai
unnamed 17 179x300 10 Cara mempercepat kinerja android
Sering sekali anda tidak menyadari ketika banyaknya aplikasi yang masih berjalan ketika anda sudah keluar dari aplikasi tersebut maka dari itu penting halnya untuk mematikan aplikasi yang tidak terpakai di task manager anda karena ini akan cukup memakai ram dan memakan baterai anda.
9. Hentikan penggunaan sinkronisasi
Sync Email 10 Cara mempercepat kinerja android
Sinkronisasi adalah sebuah fitur yang baaik untuk mensinkronisasi data dengan server Google. Jagalah sinkronisasi menyala, anda bisa mendapatkan notifikasi ketika email baru masuk dan mendapatkan notifikasi untuk update dan hal lainya. Tetapi sinkronisasi ini akan cukup memakan baterai dan RAM, ada setting yang bisa anda atur mengenai hal ini untuk dapat melakukan sinkronisasi setiap 5 menit sekali, sejam sekali atau bisa juga dimatikan. Pilihlah yang terbaik untuk anda sehingga tidak mengurangi performa smartphone anda.

10. Lakukan Factory Reset

Factory+reset 200x300 10 Cara mempercepat kinerja android
Apabila anda merasakan smartphone anda sudah terlalu lag atau berat untuk dipakai dan sudah mencoba berbagai cara di atas tetapi masih dirasakan berat maka anda bisa melakukan Factory Reset. Dengan melakukan factory reset anda akan mengembalik smartphoen anda ke keadaan semula saat membelinya. Menghapus emua file yang tidak diperlukan dan semua aplikasi. Maka dari itu Install aplikasi dan game yang anda rasa penting dan dibutuhkan, sehingga tidak terjadi penumpukan aplikasi.

Semoga 10 cara mempercepat kinerja android ini bisa berguna bagi anda jangan lupa untuk meninggalkan komentar di comment box

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...